Keahlian Berbicara diDepan Umum




Kalau bicara soal publik speaking, atau dalam bahasa Indonesia berarti berbicara didepan umum, saya akui saya sangat buruk. Kekurangan yang saya benci hingga hari ini, karena kayaknya seru kalau bisa bicara didepan umum, bisa mempengaruhi pendengar untuk mengikuti pikiran saya, namun kenyataannya saya tidak bisa. Saya lemah.

Bahkan saya pernah beli buku tips dan trik agar mampu dan berani berbicara didepan umum, hasilnya nol hahahaha, bosan bacanya. Di tahun 2012 an saya pernah mau ikut openmic agar saya bisa dan berani, tapi pada akhirnya saya urungkan, alasannya cuman satu, malu. 

Padahal saya sudah menulis beberapa materi, saya berbicara didepan kaca untuk latihan, setelah latihan saya mencoba hadir sebagai penonton openmic, waktu itu kalau tidak salah lagi boomingnya standup comedy. Wah keren nih kalau saya bisa menaklukan penonton sebanyak ini, pikir saya. Waktu giliran saya dipanggil, saya ngumpet, ndak berani muncul, sampai-sampai MC nya bingung nyariin nama saya. Sejak saat itu saya tidak mau lagi hadir di acara openmic di kota saya.

Apalagi kalau saya melihat berita dengan mudahnya penipu mempengaruhi korbannya lewat omongan, janji manis, dan sejenisnya, yang intinya pelaku pintar berbicara. Kemampuan seperti itu kok ya dibuat untuk kejahatan, saya iri, padahal saya yang pleguk-pleguk saat bicara sama orang ingin menggunakan kemampuan seperti itu untuk hal positif, misalnya memberi pemahaman ke teman kerja atau ke masyarakat peraturan-peraturan yang benar. Memang ya dunia sebercanda ini.

Mungkin kalian ada saran supaya saya bisa berbicara didepan umum ??

Comments