Orang Indonesia yang tidak makan nasi


vector nasi
ilustrasi buatan sendiri


Makanan pokok orang Indonesia adalah nasi, begitu kata guru SD saya dan itu di amini oleh slogan penduduk Indonesia yang sering kita dengar "nek gak sego gak mangan" (arti: kalau tidak nasi ya namanya bukan makan). Memang benar, saya kalau ndak makan nasi kok rasanya masih lapar walaupun sudah makan bakso ataupun gado-gado. dan saya awalnya berfikir bahwa hal itu juga di rasakan semua orang Indonesia. 

Tapi tunggu dulu, pemikiran saya langsung sirna semenjak saya satu kontrakan dengan teman kuliah saya, dia cerita kalau dari kecil sampai kuliah ndak makan nasi sama sekali, busyet ini orang, saya ndak percaya begitu saja dong.

Hari pertama saat kita satu kontrakan saya diam-diam mengamati dari pagi sampai malam apa saja yang dia makan, dan benar dia memang tidak makan nasi sama sekali, pagi dia hanya makan beberapa potongan tempe,  kalau siang dia makan roti di warung, dan malamnya dia bikin mie instan.

Ah mungkin hanya sehari ini saja dia ndak makan nasi, keesokan hari nya saya amati lagi tingkah laku dia saat makan, dan ternyata sama.

Setelah seminggu berlalu, dia makan-makanan yang sama, cuman di bolak-balik waktunya. saya sekarang percaya bahwa dia memang ndak makan nasi, tapi kok bisa ya, padahal tubuh dia pun gendut, ndak mencerminkan sama sekali bahwa dia ndak doyan nasi, sendangkan saya yang suka makan nasi tetep saja kurus.

 kok bisa ya.

Sempat saya bersekongkol sama teman-teman satu kontrakan memancing untuk dia makan nasi, tapi hasilnya nihil, dia malah mau muntah dan marah. 

Memang sih kata dokter sekarang ini, nasi memang ndak baik buat tubuh, kan sempet tuh pemerintah menggalangkan gerakan tidak makan nasi sehari dalam seminggu. Karena diyakini bahwa nasi adalah sumber penyakit yang saat ini lagi trend yaitu diabetes. Tapi kalau ndak makan nasi sama sekali kok sawangannya bukan orang Indonesia hahahahha.

Jadi ingat mbah saya yang pernah cerita bahwa jaman belanda dulu nasi sulit didapat, nasi pada waktu itu menjadi barang mewah, makanan sehari-harinya adalah pohong dan telo ( ketela pohon dan ketela rambat), pokoknya segala macam umbi-umbian lah. Dan anehnya pada waktu itu ndak ada orang yang sakit-sakitan, sehat semua. 

yang aneh adalah walaupun nasi diyakini menyebabkan diabetes dan penyakit-penyakit lainnya mengapa masih dijadikan makanan pokok oleh orang Indonesia ? mungkin slogan "nek gak sego gak mangan" sudah terpatri disetiap insan orang indonesia hehuehuheuehue. Atau memang Orang Indonesia suka sakit-sakitan ?. hahahhaha

Ah sekarang saya jadi berfikir untuk menjadi bagian dari Orang Indonesia yang tidak makan nasi. 






Comments

  1. Kalau untuk tujuan kesehatan dalam arti menghindari berbagai penyakit seperti diabetes, tidak ada salahnya kita mengurangi makan nasi setiap hari ...tetangga saya daerah kalideres jakarta barat, sampai dengan saya menulis komentar ini sdh 17 tahun tidak makan nasi sama sekali, setiap hari hanya makan biskuit dan buah saja...alhasil dia sehat" saja

    ReplyDelete

Post a Comment