Menjaga keselamatan anak di dunia maya

Sekarang kalau ndak megang gadget katanya ndak gaul, keponakan saya pun yang masih berusia 10 tahun mainnya sama tab, kalau ada tugas pun nyarinya sudah lewat google. Sampean bandingkan dengan waktu saya masih umur 10 tahun dulu, paling pol ya main sama capung, kalau mengerjakan tugas ke perpus sekolahan, atau nggak dari klipingan koran. Sangat kontras.

Ndak etis memang kalau saya membandingkan jaman saya dengan jaman keponakan saya, lah mau ndak mau sebagai manusia memang harus berjalan beriringan dengan kecanggihan teknologi. Tapi ya memang kita nya harus pinter mengakali agar anak-anak mengerti mana yang baik dan buruk menggunakan gadget. Salah satunya ya di dunia maya.

Contohnya keponakan saya yang merengek minta buatin facebook, saya bingung juga mau nolaknya, akhirnya dengan rembukan sama bapak dan ibu nya kita sepakat untuk membuatkan facebook tapi pas dia buka facebook harus ada satu orang dewasa yang mendampinginya. Wifinya pun di pasword biar kita ndak kecolongan. Alhamdulillah sampai sekarang masih berjalan hal yang sewajarnya.


Pada awalnya memang kita khawatir akan negatifnya dari dunia maya, lah gimana ndak khawatir wong facebook saja sekarang sudah menjadi media untuk menyebarkan konten negatif, ndak perlu lagi untuk mencari IP adress agar bisa membuka situs yang di blokir pemerintah. 

Tapi sekarang tergantung pada orang dewasa yang berada didekatnya, kalau sampean cuek sajah ke anak, keponakan, adik, atau cucu sampean waktu mereka menggunakan internet ya memang sangat berbahaya bagi perkembangan mereka. 

Apalagi dengan melarang mereka agar ndak internetan, menurut saya itu ndak berguna, kenapa ? ya karena larangan itu akan membuat mereka semakin penasaran dengan isi dunia maya, akan lebih berbahaya jika mereka diam-diam pergi ke warnet tanpa sepengetahuan kita, lalu membuka situs-situs berkonten negatif. Saya yakin seratus persen.

Tapi semua terserah pada sampean, mau membimbing anak-anak berinternet sehat atau tidak memperbolehkan anak-anak mengenal internet sama sekali. 

Comments

  1. ya, harus diawasi benar2 anak2 zaman sekarang. kecolongan sedikit. efeknya bisa kayak berita2 di tv. ngeri kalau lihat kejadian ditelivisi terjadi pada keluarga kita.

    ReplyDelete
  2. miris banget memang, anak-anak cenderung belum memiliki kemampuan prediksi yang matang sehingga sering bertindak bebas dengan rasa ingin tahu yang tinggi. ya semoga saja kita semakin sadar dan peduli terhadap keselamatan anak di dunia maya

    ReplyDelete
  3. Sekarang zaman semakin canggih, untuk anak-anak hanya perlu pengawasan yang ketat dari ortunya... khan gak mungkin kalo dilarang 100%... Malah jadi buta informasi..
    salam kenal, mampirlah ke blog sepi ku : Blog Mas Hendra...

    Makasih

    ReplyDelete

Post a Comment