animasi keren


Sejak kecil kita sudah akrab dengan tayangan animasi, mulai animasi jepang dengan anime maupun amerika dengan kartun dan nicklodeonnya,  dan tahun lalu masih lekat dalam bayangan kita upin-ipin dari malaysia yang juga sukses membuat anak-anak indonesia  meniru gayanya, sampai yang baru-baru ini masha and the bear. Kalau layar lebar saya rasa animasi buatan pixar ndak ada tandingannya.

Lalu animasi asli indonesia mana ?, padahal lewat animasi kita bisa mempromosikan budaya negara kita, kita lihat jepang, dengan anime nya mereka menyelipkan beberapa budaya jepang yang sukses digemari masyarakat dunia.

Beberapa tahun yang lalu memang sempat muncul animasi asli indonesia yang ciamik, mulai dari setting tempat, suasana nya, maupun property nya indonesia banget, sangat detail. Sayang animasi yang berjudul "pada suatu ketika" tersebut hanya sebatas muncul di youtube, durasinya pun hanya 4 menitan. Mungkin pembuatnya keterbatasan dana, disinilah peran pemerintah begitu krusial. Sayang pemerintah masih ndak mau tau soal beginian.


screenshot animasi pada suatu ketika


Padahal saya berharap digarap dengan serius sehingga dapat tayang dilayar lebar, kalau dilayar lebar ndak bisa ya minimal dibuat seri lah kayak upin ipin. Soalnya kalau dilihat dari kualitas jauh lebih baik ketimbang upin ipin . Apa daya saya harus menunda keinginan untuk melihat animasi asli indonesia di layar lebar maupun di tv.

Setelah impian saya sempat surut untuk melihat  animasi indonesia muncul di bioskop dan tv, impian itu muncul lagi saat melihat animasi yang ciamik berjudul  "battle of surabaya" katanya sih tahun 2014 ini tayang dibioskop, tapi saya tunggu kok ndak ada kabarnya.


Lalu impian saya semakin menggebu saat muncul lagi animasi berjudul Adit Dan sopo JArwo  hadir di tv. Bukan tanpa alasan impian saya menggelora lagi, jika kita perhatikan, animasi Adit dan Sopo Jarwo begitu detail untuk memunculkan "keindonesiannya". Mulai dari gerakan bibirnya yang pas dengan suaranya, warna beserta ornamennya botol saos ataupun kecap sangat persis dengan apa yang kita jumpai sehari-hari dirumah, sampai tekstur tangga yang terbuat dari kayu bekas pun begitu nyata.



Grafisnya pun ndak kalah sama buatan pixar hehehehe kapan lagi memuji karya anak bangsa sendiri. Misal di sandingkan dengan Upin ipin ya lewat, masha and the bear lewat, jelas bagusan  adit dan sopo  jarwo. Kalau saya perhatikan, grafisnya hampir mirip dengan animasi pada suatu ketika, saya ndak tau apa pembuatnya sama atau beda.

Dilihat dari sisi cerita pun saya rasa tidak membosankan, memunculkan konflik sosial yang umum kita rasakan sebagai warga indonesia. Adit sebagai toko utama dan bang jarwo sebagai toko pembuat masalah mempunyai anak buah yang besar dan bodoh bernama sopo, bang jarwo sering menerima pekerjaan dari warga tetapi bang jarwo sering melalaikan pekerjaanya tersebut dan lari dari tanggung jawab. Biasanya sopo lah yang sering disuruh oleh bang jarwo.

Ya walaupun episode nya masih terbatas, sebab saya beberapa kali melihat episode yang sama.

Oh ya, kemarin saya juga sempat melihat lagi animasi buatan indonesia di indosiar yang berjudul "keluarga bang somad", memang grafiknya ndak sebagus "adit dan sopo jarwo" tapi kalau masalah kekuatan cerita ndak kalah, dengan celetukan-celetukan dudung dan nunung yang sukses bikin saya ketawa.


Semoga muncul lagi animasi lainnya buatan indonesia, karena saya yakin kemampuan anak indonesia ndak kalah sama negara lain, apalagi negara tetangga.

Semakin jaya industri kreatif indonesia.


Bye bye.

Comments

  1. gue juga suka nonton adit & sopo jarwo tuh, indonesia banget.. tapi sayang memang, episode nya masih terbatas, episode nya sering di ulang-ulang -,-
    gue juga pernah denger tentang Battle of surabaya, kayaknya tanggal tayangnya 10 november dah *sok tau*.

    semoga makin keren dah, industri kreatif indonesia.

    ReplyDelete
  2. betewe kapan film battle of surabaya , kalo ceritanya dibikin kayak SAO mungkin bisa dinikmati oleh pecinta animasi di seluruh dunia kan, bukan berdasarkan cerita gak fiktif tapi ni cerita nyata yang di aplikasikan dalam sebuah animasi , sedangkan animasi di indonesia lebih banyak mengajarkan kita mempelajari kehidupan,,

    sebenarnya gue heran , kenapa sinetron gak dimasukkan jadi kartun aja yaaa ... :v

    ReplyDelete
  3. dulu pernah ada kok film animasi yg tayang di biskop kalau ga salah. salah satu dubbernya itu gita gutawa ya? eh ... iya ngga sih? tau ah lupa!
    aku tau soalnya di muat di majalah Animonstar :) tau ga?
    itu film ceritanya cukup bagus dan animasinya juga keren.
    sebenernya animasi kita udah bagus kok cuma kalah saing aja sama anime luar... dan anak2 negeri kita sendiri yg kurang mengapresiasi mereka

    ReplyDelete
  4. Iya. Semoga Indonesia semakin bangga menayangkan animasi yang tak kalah keren dari luar negeri ya:)

    Betewe, itu Upin Ipin 'kan juga karya anak bangsa. hanya saja karena enggak laku di Indonesia, hak patennya dijual deh ke tetangga dan malah meledak setelah itu. Ironis ya. Smoga jadi pembelajaran ke depan:)

    ReplyDelete
  5. bener nih. animasi Indonesia gk kalah hebat kok dengan animasi dr negara luar. klo bkan kita yg bangga dan pamerin ksluruh dnia lwat animasi, siapa lg kn? klo kta nggk bngga, ntr pas udh d klaim ngara lain baru berkoar-koar.

    selama ini animasi indonesia yg bru aku tonton cuma 'adit dan sopo jarwo'. hehe. mungkin aku agak kudet.

    iya, harusnya pemerintah pnya andil yg besar nih. syang kayanya pemerintah kurang peka deh.

    ReplyDelete
  6. bener nih. animasi Indonesia gk kalah hebat kok dengan animasi dr negara luar. klo bkan kita yg bangga dan pamerin ksluruh dnia lwat animasi, siapa lg kn? klo kta nggk bngga, ntr pas udh d klaim ngara lain baru berkoar-koar.

    selama ini animasi indonesia yg bru aku tonton cuma 'adit dan sopo jarwo'. hehe. mungkin aku agak kudet.

    iya, harusnya pemerintah pnya andil yg besar nih. syang kayanya pemerintah kurang peka deh.

    ReplyDelete
  7. 'Pada Suatu Ketika' itu Transformer Indonesia yg pakai bajaj bukan sih? Keren kalau menurutku, keren banget. Grafisnya alus, cerita di dalamnya Indonesia banget.

    Kalau 'Keluarga Bang Somad' pernah nonton, tapi menurutku kurang bagus ceritanya. Meski begitu tetap harus diapresiasi, hehe. Semoga animasi Indonesia semakin maju ya, Bang. Pemerintah selanjutnya kan menjanjikan industri kreatif biar maju. Semoga nggak sekedar janji, amin.

    ReplyDelete
  8. wkwkwk iya itu yang adit sama somat itu Adik vina sering nonton dan ngakak sendiri di rumah -_-
    tapi lebih sering nonton Adit sama jarwo itu sih. Logatnya juga indonesia banget. apalagi jarwo jelasin ini punya indonesia. hahaha
    iya grafisnya keren.. semoga aja berlanjut terus nggak stuck di beberapa episode aja.
    emang sih, terlalu banyak nonton animasi luar jadi lupa malah terlupakan animasi dari Negara sendiroi :)
    semoga semakin banyak apresiasi dan donasi bagi animator Indonesia :)

    ReplyDelete
  9. Animasi buatan Indonesia keren juga tapi kadang dijual keluar, seperti Upin Ipin

    ReplyDelete
  10. Jangan kalah sama negara tetangga..maju terus indonesia revolusimu belum berakhir

    ReplyDelete

Post a Comment